Wisata Samarinda | Pariwisata Samarinda | Liburan di Samarinda

Wisata Samarinda | Pariwisata Samarinda | Liburan di Samarinda

33 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Samarinda, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Samarinda merupakan ibukota Kalimantan Timur. Wilayah ini memiliki luas 718 km persegi dengan ribuan gunung, danau dan hutan yang masih cuup luas. Sebagai bagian dari wilayah Indonesia tentu saja wilayah ini juga memiliki segudang panorama alam yang indah dan memesona. Terdapat juga berbagai peninggalan sejarah yang sarat akan makna.

Berbagai spot yang cocok untuk diabadikan dalam sebuah foto atau video menarik. Keramahan alam dan sensasi budaya yang sangat indah turut menjadi pesona tersendiri bagi para pelancong yang ingin mengunjungi. Tidak hanya turis dalam negri saja, sekarang hampir tiap wilayah di Indonesia menjadi incaran para turis asing yang ingin menikmati suasana berbeda yang jauh dari kota. Terutama bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau yang asri menjadi daya tarik tersendiri.

Kota yang sangat indah ini akan lebih menarik jika dikunjungi bersama sanak saudara atau sahabat tercinta. Wilayah yang luas dan masih asri ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati Indonesia lebih dekat. Nah, guna menambah daftar penasaran Anda terhadap wilayah ini silakan simak 33 rekomendasi tempat wisata di Samarinda berikut ini.

1. Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah menjadi destinasi wisata paling populer di Samarinda. Hal ini lantaran keindahan alam yang disuguhkannya sangatlah indah. Berada di Selat Makasar, sehingga untuk menjamahnya dibutuhkan waktu sekitar tiga jam lamanya. Meskipun begitu, di sepanjang perjalanan hamparan lautan nan biru ampuh memanjakan mata Anda.

Usai sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan jembatan kayu yang membentang dari tengah pantai hingga pinggir pantai. Pasir putih bersih yang terhampar begitu luas di pulau ini sangat indah dan ampuh mengobati rasa penat yang dialami oleh para pengunjung. Pemandangan bawah laut yang sangat eksotisnya pun bisa ditengok dengan mudah karena airnya sangat jernih.

Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

2. Teluk Lerong Garden
Lokasi wisata ini sangat cantik dan indah sehingga banyak masyarakat yang mengabadikan keindahan ini dengan berfoto dan video. Latar belakang sungai yang biru dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong dan masyarakat sekitar.

Teluk ini sangat dekat dengan Sungai Mahakam, sehingga mereka yang berfoto di teluk ini dapat melihat Sungai Mahakam sebagai latar belakangnya. Angin yang menerpa bagian teluk ini sangat sejuk dan sepoi, terkadang pada sore hari angin agak kencang sehingga beberapa orang justru memanfaatkan pose yang pas seperti foto sampul majalah yang sedang diterpa angin kencang. Bagi pecinta foto, lokasi ini sangat pas dijadikan latar belakang dalam segala situasi.

Alamat: Jl. RE Martadinata, Teluk Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

3. Kebun Raya Unmul
Sesuai dengan namanya, kebun raya ini memang dikelola oleh Universitas Mulawarman sebagai hutan pendidikan. Akan tetapi, pihak pengelola pun membukanya sebagai destinasi wisata untuk wisatawan umum. Disini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Mulai dari berkeliling danau cantik dengan sepeda air, hingga mengunjungi kebun binatang mini.

Selain itu, Anda pun bisa mengelilingi kebun menggunakan andong yang telah tersedia. Untuk bisa menjangkau Kebun Raya Unmul, Anda harus menempuh jarak sekitar 10 kilometer dari Kota Samarinda. Jalurnya yang telah memadai, sehingga Anda bisa menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Alamat: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

4. Jungle Water World
Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan berbagai spot air yang mirip seperti hutan. Tidak hanya wahananya saja yang mirip namun berbagai tema dan dekorasi disesuaikan dengan nama lokasi yang mewakilkan. Dengan berkunjung ke tempat wisata ini Anda dapat menikmati serangkaian wahana menarik yang tak kalah asiknya dengan yang ada di Dufan Jakarta.

Alamat: Jl. Bontang-Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

5. Desa Budaya Pampang
Bila ingin mengenal lebih dekat dengan budaya lokal suku di Samarinda, cobalah mengunjungi Desa Budaya Pampang. Ternyata desa budaya ini masih dihuni oleh suku Dayak Kenyah asli. Sehingga Anda bisa menyaksikan secara langsung bagaimana aktivitas harian dari suku tersebut. Tempat ini pula memiliki keunikan yang ampuh menarik perhatian para pelancong untuk bertandang kesini.

Bukan hanya menyaksikan berbagai aktivitas warga suku Dayak, Anda pun bisa menikmati pertunjukan seni yang diadakan setiap hari minggu siang di balai pertemuan atau lamin. Salah satu keunikan yang bisa Anda temui pada pertunjukan tersebut yakni seluruh masyarakat Desa Pampang akan mengenakan baju tradisionalnya selama pertunjukan berlangsung.

Alamat: Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, Kelurahan Budaya Pampang, Kec Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

6. Air Terjun Tanah Merah
Lokasi wisata ini memang masih terdapat di Tanah Merah. Sesuai dengan namanya, meski sederhana dan langsung menunjukkan pada lokasi namun pemandangan yang ditampilkan sangat cantik dan menarik. Sekilas, lokasi ini hanya terlihat seperti sungai biasa. Hanya saja ketika berkeliling menggunakan kapal maka Anda dapat melihat indahnya air terjun yang keluar dari bebatuan. Sungguh pemandangan yang sangat langka ditemukan diperkotaan.

Alamat: Jl. Muara Badak-Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

7. Tjiu Palace
Tjiu Palace menjadi destinasi wisata selanjutnya yang sangat cocok dikunjungi bersama anggota keluarga, terutama anak anak. Pasalnya, disini terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Yang mana keberadaan fasilitas tersebut memang sengaja untuk memanjakan para pengunjung. Mulai dari sepeda air berbentuk lucu, kolam pemancingan, kolam khusus anak, kereta api, dan lainnya.

Dengan pemandangan alamnya yang begitu eksotis ditambah pula udaranya yang menyejukkan, ampuh membuat para pelancong nyaman dan betah berlama lama. Terdapat pula beberapa spot foto yang bisa dimanfaatkan untuk potret kekinian lalu diunggah di linimasa pribadi. Tentunya liburan semacam ini akan menjadi pilihan paling tepat bagi Anda, bukan?

Alamat: Jl. Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

8. Air Terjun Pinang Seribu
Terkadang nama sebuah tempat memiliki makna khusus yang tidak semua orang bisa mengartikan secara mudah. Sebab, keberadaan nama tempat ini tidak dapat diartikan begitu saja secara harfiah. Hanya saja pada lokasi air terjun ini terdapat beberapa mata air yang cukup banyak sehingga air terjun yang muncul akan terlihat sangat indah. Anda pasti akan takjub dan seketika ingin langsung bermain atau berfoto di bawah air terjun ini.

Alamat: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

9. Kampung Tenun Samarinda
Kampung Tenun Samarinda merupakan destinasi wisata sekaligus tempat oleh oleh paling populer. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis kain tenun yang telah jadi. Berlokasikan di sebelah Sungai Mahakam atau lebih tepatnya di Kecamatan Samarinda Seberang, tempat ini terdapat dua kampung. Yang mana keduanya merupakan tempat wisata kerajinan tenun.

Alamat: Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

10. Waduk Benanga
Waduk ini sekilas mirip dengan waduk pada umumnya. Hanya saja, keberadaan waduk ini bisa dikatakan sangat indah dan sejuk. Luas waduk ini sekitar 387,10 Ha dengan ke dalam air 1-2 meter. Fungsi utama waduk ini untuk irigasi dan pengendalian air hujan agar tidak banjir. Meski cukup luas dan dapat menampung banyak air namun dimusim kemarau waduk ini akan terlihat kering dan mengenaskan.

Pastikan berkunjung pada saat waduk terisi. Akan lebih baik jika Anda berkunjung pada saat musim hujan.

Alamat: Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

11. Jembatan Mahakam
Panjang jembatan 400 meter ini menjadi penghubung utama antara Mahakam Utara dan Mahakam Selatan. Meski usianya sudah sangat tua, namun jembatan ini masih aktif memberikan lalu lintas yang baik bagi penduduk Samarinda. Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987 jembatan ini belum mengalami perbaikan.

Alamat: Jl. Jembatan Mahakam, Sungai Keledang, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

12. Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda telah didirikan semenjak 19 tahun yang lalu. Menjadi salah satu destinasi wisata religi paling terkenal di Samarinda, masjid ini memang memiliki daya tarik yang bikin wisatawan jatuh cinta. Daya tarik tersebut terletak pada gaya arsitektur bangunannya yang konon terinspirasi oleh Hagia Sophia, Turki.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

13. Bukit Anggana
Nama lain dari bukit ini adalah bukit teletubbies. Pasalnya, pada saat musim penghujan bukit ini akan bewarna hijau seperti karpet layaknya bukit buatan pada cerita fiksi Teletubbies. Meski dari jauh nampak seperti bukit buatan namun keaslian dari bukit ini tidak dapat dibandingkan dengan bukit buatan manapun.

Bukit ini berada di wilayah Anggana, Kutai kertanegara. Apabila Anda ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada saat musim hujan, karena pada saat kemarau datang bukit ini menjadi kering dan bewarna kuning dari kejauhan.

Alamat: Kec. Anggana, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

14. Patung Pesut Tepian
Sebuah patung yang menjadi icon Kabupaten Samarinda. Meski hanya sebuah patung namun di sekitar area ini terdapat taman dan tempat parkir yang cukup luas sehingga para pengunjung dapat mampir sekedar untuk rehat atau melepas penat sejenak.

Apabila ingin sedikit kudapan Anda bisa berkeliling sejenak karena ada beberapa warung kecil yang menyediakan makan dan minum. Luasnya lahan parkir yang berdekatan dengan taman membuat lokasi ini cukup sejuk sehingga sangat pas jika istirahat sambil makan bekal atau beli di warung sekitar.

Alamat: Jl. Gajah Mada, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

15. Pusat Kerajinan Sarung Samarinda
Pastinya semua orang telah mengetahui, jika Samarinda terkenal akan kerajinan sarungnya. Memiliki motif dan kain yang begitu khas, membuat sarung asal Samarinda selalu digemari oleh para wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Bila ingin menyaksikan bagaimana cara pembuatannya secara langsung, cobalah mendatangi Pusat Kerajinan Sarung Samarinda.

Selain bisa menyaksikannya, Anda pun bisa membuatnya dengan dipandu oleh warga setempat. Bahkan jika maupun, sarung Samarinda tersebut dijajakan dengan harga yang cukup terjangkau untuk para wisatawan. Tentunya akan menjadi pengalaman sangat menarik, lantaran pemandangan semacam ini hanya bisa didapatkan di Samarinda.

Alamat: Jl. Pangeran Bendahara, RT.02/RW.01, Baqa, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

16. Pulau Kumala
Biasanya, sebuah pulau terletak di tengah laut, namun berbeda dengan Pulau Kumala ini karena letaknya berada di tengah Sungai Mahakam. Di lokasi ini terdapat beberapa candi, bangunan adat dan patung lembu. Selain itu ada juga berbagai wahana modern seperti komedi putar, kereta mini, kereta gantung dan berbagai wahana menarik menarik lainnya. Masih ada juga sky tower yang memiliki tinggi 75 meter sehingga Anda akan terasa berada di kota modern. Akan lebih baik jika Anda mengabadikan keindahan itu dengan berfoto.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

17. Tepian Mahakam
Tepian Mahakam menjadi salah satu tempat paling tepat bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung penampakan matahari terbenam. Selain itu, biasanya terdapat pula berbagai penjual makanan yang menyuguhkan camilan ataupun kuliner khas Kalimantan Timur. Lesehan menikmati senja sambil menyantap makanan terasa begitu asyik dan romantis.

Alamat: Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

18. Hutan Pinus Samboja
Hutan ini memiliki panorama yang indah nan hijau. Sesuai dengan namanya, hutan ini ditanami ribuah pohon pinus yang membuat pemandangan semakin indah dan memesona. Sangat pas jika Anda berkunjung bersama keluarga untuk melakukan piknik dan makan bersama dibawah pohon yang indah dan asri ini.

Alamat: Jl. Samboja-Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

19. Telaga Permai Batu Besaung
Berwisata sembari menikmati keindahan alam bebas memang terasa mengasyikkan. Terlebih lagi jika dilakukan di Telaga Permai Batu Besaung. Sungainya yang tampak layaknya air terjun mini ini menjadikannya kerap dipadati oleh wisatawan. Karena lokasinya yang cukup sejuk, Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda bersama orang tersayang disini.

Alamat: Desa Sempaja, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

20. Bukit Biru
Sebuah bukit yang diberi nama biru tidak lantas memiliki pemandangan yang sangat biru. Sebaliknya, gunung ini tentu memiliki warna hijau yang terdapat pada tiap bukit pada umumnya. Hanya saja pada waktu tertentu, bukit ini akan terlihat sangat biru dan lembut sehingga orang menamakan bukit dengan nama demikian.

Wilayah ini awalnya adalah lokasi transmigrasi dari penduduk Jawa. Tidak heran jika para penduduk sekitar bekerja sebagai petani. Populasi Jawa Samarinda juga turut menjadi budaya baru di wilayah ini sehingga Anda akan menemukan beberapa orang yang fasih menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa utama.

Alamat: Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

21. Stadion Utama Palaran
Stadion terkenal sebagai tempat penyelenggaraan acara keolahragaan. Misalnya saja sepak bola. Salah satu stadion paling cantik dan terkenal hingga penjuru nusantara yakni Stadion Utama Palaran yang ada di Samarinda. Tempat satu ini menyimpan sejarah yang sangat berarti, lantaran dulunya sempat digunakan sebagai venue favorit setiap ajang perlombaan internasional.

Alamat: Jl. Stadion Utama Kaltim, Kec. Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

22. Taman Tata Surya
Taman ini didesain untuk menambah wawasan dan ilmu kepada masyarakat. Tidak heran jika pada taman ini terdapat berbagai bentuk dan keindahan tata surya. Dapat dikatakan taman ini merupakan miniatur dari susunan tata surya yang ada dalam gugusan galaxy bima sakti. Keberadaan taman ini tidak jauh dari Bukit Biru.

Alamat: Jl. Diponegoro, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara. Kalimantan Timur.

23. Air Terjun Berambai
Air Terjun Berambai merupakan rentetan wisata alam di Samarinda yang sangat populer. Pesona alam yang disuguhkan memang sungguh luar biasa, sehingga membuat para pengunjung menjadi nyaman dan ingin kembali lagi. Akan tetapi, untuk bisa menjangkau air terjunnya dibutuhkan usaha cukup keras lantaran treknya lumayan melelahkan.

Meski begitu, ketika sampai di air terjunnya, rasa lelah dan penat akibat perjalanan yang cukup panjang akan terbayar dengan lunas. Pasalnya, disini Anda bisa menyaksikan bagaimana kemegahan alam yang terpampang jelas di depan mata. Gemericik air yang turun serta hijaunya pepohonan di sekitar menjadi perpaduan yang sangat sempurna.

Alamat: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

24. Jam Bentong
Sebuah jam besar yang menjadi penengah kota ini dapat dinikmati oleh semua orang di segala penjuru. Keberadaanya yang tidak jauh dari kota membuat para pelancong dan turis penasaran ingin mengunjungi lokasi ini.

Konon katanya, jam bentong ini memiliki cerita dan kisah tersendiri yang sering dihubungkan dengan kepercayaan nenek moyang. Penduduk setempat sangat menjaga kelestarian dan keindahan jam ini dengan sangat baik sehingga para pengunjung menjadi senang dan bahagia dengan sambutan mereka.

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No. 16, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

25. Jessica Water Park
Jessica Water Park merupakan destinasi wisata terbaru yang paling diincar oleh para wisatawan. Bagaimana tidak, disini Anda bisa menikmati berenang atau bermain air sepuasnya dengan wahana airnya yang sangat lengkap. Berlokasi di Loa Janan Ilir, wisata ini menyuguhkan tiga tipe kolam renang dengan desain yang sangat menarik.

Dimana tiga tipe kolam renang tersebut termasuk pula untuk anak anak. Sehingga Anda tak perlu khawatir, jikalau harus mengajak si kecil berlibur sembari bermain air disini. Terlebih lagi, pihak pengelola menyediakan waterboom dan wahana air lainnya yang akan menambah keseruan para pengunjung yang berekreasi di taman wisata ini.

Alamat: Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

26. Museum Mulawarman
Raja pertama yang berada di Kutai ini menjadi salah satu museum yang berada di Kota Samarinda ini. Tidak hanya peninggalan kerajaan Kutai saja yang disimpan di sini, namun berbagai peninggalan sejarah lainnya yang turut berperan dalam sejarah wilayah ini di letakkan di museum ini.

Alamat: Jl. Tepian Pandan, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

27. Ladang Budaya Tenggarong
Tempat ini lebih mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah. Duplikat budaya dan adat dari wilayah Samarinda bisa Anda lihat di tempat ini. Tidah hanya itu, suasana dan nuansa yang hadir juga masih sangat alami dan asri sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda terpopuler.

Sebuah wisata yang menawarkan berbagai adat dan budaya yang ada di wilayah Tenggarong ini tidak hanya berbagai baju adat saja. Namun juga beberapa senjata, rumah adat dan sepatu adat juga turut menyemarakkan wisata ini.

Alamat: Jl. H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

28. Creative Park Tenggarong
Tidak hanya wawasan mengenai sistem tata surya, keberadaan ide dan kreativitas sangat dijunjung tinggi oleh pemerintah di Samarinda. Pemerintah setempat membangun sebuah taman yang di dalamnya terdapat berbagai benda kreatif dan unik.

Di tempat ini terdapat berbagai karya unik yang bisa dinikmati oleh semua orang. Pasalnya, tempat wisata ini didesain dengan taman luas yang disertai dengan beberapa tempat duduk dan spot yang pas untuk keluarga, Jadi semua orang bisa menikmati taman ini dengan nyaman. Baik tua, muda, bahkan mereka yang jompo sekalipun tetap bisa menikmati taman indah yang kreatif ini.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kartanegara, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

29. Jembatan Pulau Kumala
Jembatan ini masih satu wilayah dengan Pulau Kumala. Karena lokasi wisata ini sekaligus sebagai penghubung antara kota Tenggarong dan Pulau Kumala. Meski jembatan ini digunakan sebagai media transportasi namun sebagian orang memanfaatkan keindahan jembatan sebagai lokasi wisata yang patut diabadikan dalam sebuah foto atau video.

Banyak orang yang mampir untuk selfie atau membuat video singkat mengenai keindahan Jembatan Pulau Kumala ini.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

30. Air Terjun Kedang Ipil
Bagi Anda yang berada di luar daerah Samarinda pasti akan merasa bahwa tempat wisata ini memiliki nama yang cukup unik. Tidak hanya terlihat lucu dan menarik, lokasi wisata ini nampaknya memberikan suasana Samarinda yang sesungguhnya. Banyak air, hangat dan tenang, begitulah bayangan Samarinda pada umumnya. Meski banyak air dan memiliki kelembaban yang cukup tinggi namun hangatnya suasana membuat panorama alam yang ditawarkan makin indah dan menarik.

Alamat: Kedang Ipil, Kec. Kotabangun, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

31. Pantai Pangempang
Tidak hanya memiliki sungai dan danau, Samarinda juga memiliki pemandangan pantai yang luar biasa. Angin yang sejuk dan ombak yang ramah membuat Anda ingin segera berlayar dengan kapal kecil yang ada di sekitarnya.

Lokasi ini dilengkapi dengan wahana yang indah dan menarik. Ada spot untuk foto, ada ayunan yang dihias, ada jembatan kayu dan beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat untuk istirahat. Ingin menjadikan spot ini sebagai latar untuk prewedding juga sangat bagus sekali karena pemandangan dan suasana yang ditawarkan memang sangat indah.

Alamat: Tanjung Limau, Kec. Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

32. Penangkaran Buaya Samarinda
Bosan dengan destinasi wisata yang biasa biasa saja? Jangan khawatir, Anda bisa mengunjungi Penangkaran Buaya Samarinda. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memang menyuguhkan berbagai jenis buaya yang dikembangbiakkan oleh pihak pengelola. Bertandang sembari belajar mengenai jenis buaya yang ditangkar, menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Anda pun tak perlu khawatir, lantaran di tempat ini fasilitasnya telah sangat memadai. Mulai dari area parkirnya yang cukup luas, kamar mandi, foodcourt, dan masih banyak lagi lainnya. Menghabiskan masa liburan sembari mengunjungi Penangkaran Buaya Samarinda bersama anggota keluarga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat: Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

33. Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman rekreasi lembah hijau ini sangat indah dan menarik. Terdapat camping ground yang cukup luas dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang asik dan menarik. Beberapa fasilitas tersebut antara lain kolam pancing, replika hutan, kolam renang, area bermain anak, kafetaria dan masih banyak lagi.

Apabila Anda ingin berkemah hanya dengan keluarga saja lokasi ini sangat mendukung dan bisa dijadikan tempat yang pas. Anda tidak perlu membawa banyak orang, cukup dengan keluarga kecil yang dimiliki sudah dapat menikmati camping sederhana di lokasi yang lengkap dan indah sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dan kelaparan.

Alamat: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Nah, itulah 33 tempat wisata di Samarinda yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Sesuai dengan judulnya yakni yang sedang terhits dan terbaru maka tidak heran jika banyak orang yang pasang status atau memasang di story medsosnya dengan berbagai spot yang ada di atas. Agar tidak ketinggalan silakan saja kunjungi aneka spot tersebut sehingga Anda tetap dapat update dan ngehits.

Sumber: https://www.celebes.co/borneo/tempat-wisata-samarinda

Histats